Foto oleh Danny Meneses dari Pexels

Code Editor Untuk Coding HTML – JAVA – PHP Jadi Mudah

Posted on

Jika teman-teman pernah membangun sebuah website pastinya tau apa itu coding html. Kata HTML sendiri memiliki kepanjangan dari Hypertext Markup Language. Apabila seseorang membangun sebuah website terutama menyusun bagian kontennya pasti memerlukan susunan paragraf, heading, body, inbound atau outbound link atau lain sebagainya.

Apakah HTML bisa disebut bahasa pemrograman ?

Catatan penting serta perlu digaris bawahi, yaitu html bukan bahasa pemrograman. Hal itu dikarenakan HTML tidak dapat dipergunakan untuk membangun fungsional secara dinamis. Ia hanya mengorganisir serta memformat sebuah dokumen singkatnya seperti MS Word.

Apabila kalian memulai menggunakan HTML, pastinya anda akan menyusun sebuah kode terstruktur menggunakan tag atau attribute untuk markup halaman/konten website anda. Penggunaan tag nya tergolong mudah, contoh saja apabila anda hendak membuat satu atau lebih paragraf pasti akan diawali dengan tag pembuka dan pada akhir paragraf akan diakhiri dengan .

Dengan sedikit gambaran diatas tentunya kita bisa berpikir, sebuah page website memiliki banyak tag serta attribute. Apa kalian juga memiliki pemikiran seperti itu ? Untuk mempermudah dalam menyusun tag dan attribute tersebut kita memerlukan sebuah text editor. Text editor dapat membantu kita dalam penyusunan kode yang banyak dengan berbagai dukungan plugin yang bisa digunakan.

Baca Juga : Membuat Dashboard Admin Dinamis Dengan Bootstrap AdminLTE

Seperti auto format ketika kita mensave susunan kode kita, menampilkan error pada kesalahan penulisan serta masih banyak lainnya. Text editor tidak hanya digunakan untuk coding html saja.

Hal menarik lainnya ini juga dapat membantu kalian dalam coding dengan berbagai bahasa pemrograman yang digunakan. Sehingga susunan kode atatu fungsi yang kita buat dapat tersusun secara rapi, enak dilihat dan mudah dipahami.

Contoh Code Editor atau Text Editor untuk Coding html

Notepad++

Sesuai namanya, notepad++ memiliki nilai lebih dalam menulis suatu kode program, Notepad++ dirancang untuk penyusunan sebuah script atau bahasa pemrograman. Menggunakan Notepad++ terdapat banyak plugin yang dipasang sehingga membuat Anda akan semakin mudah untuk mengcustom codingan anda. Notepad++ sendiri termasuk sebuah teks editor dengan konsep sumber terbuka atau tidak berbayar sehingga semua orang bisa menggunakannya secara gratis.

Sublime

Editor teks untuk berkoding ria, Sublime ini sudah ada sejak tahun 2007. Pengembangnya adalah Jon Skinner. Beliau sebelumnya menjadi seorang teknisi di perusahaan raksasa Google. Sublime ini sendiri bisa dimanfaatkan pada beragam platform baik itu Windows, Max OSX atau Linux. Di dalamnya terdapat sebuah alat pengontrol plugin, itu dapat digunakan pengguna dalam memasang beragam plugin dari third source dengan sangat gampang.

Performa yang dimiliki juga sangat baik sehingga pencarian suatu kode di berbagai macam data atau file di suatu project bisa lebih mudah dan lebih cepat dilakukan. Pilihan customisasi yang dimiliki juga sangat luas seperti terdapat alat penyimpan otomatis, whitespace trim serta terdapat berbagai opsi lain yang menjadikan Coding html ini menjadi jauh semakin personal.

Selain itu, teks editor untuk coding ini memiliki ukuran kecil sehingga memiliki performa cukup cepat. Oleh sebab itu tak heran kalau Sublime masih populer digunakan sampai sekarang ini.

Atom

Sudah bisa digunakan sejak tahun 2014, software teks editor terbaru ini pengembangnya adalah sebuah perusahaan bernama GitHub. Atom bisa dimanfaatkan pada berbagai macam platform mulai dari Windows sampai dengan Mac OSX. Manager packagingnya juga menjadi bagian dari Atom sejak pertama dipasangkan pada perangkat pengguna. Manager packaging tersebut bahkan bisa dimanfaatkan dalam melakukan pemasangan beragam plugin atau pun tema dari pihak ketiga.

Drag and drop features juga terdapat pada text editor ini. Melalui Atmo ini juga, pengguna pun dapat melakukan customisasi editing sesuai apa yang diinginkan. Akan tetapi soal tenaganya, tenaga dari Atom sedikit terasa inferior sehingga pengguna akan merasakan kekurangan ketika berbagai macam file dalam penggunaannya dibuka.

Baca Juga : Pengertian Database Relasional dan Non-Relasional

Visual Studio Code – Recomended digunakan coding html

April 2015 menjadi tahun dirilisnya Visual Studio Code. Biasa di sebut dengan VSCode ini, tergolong powerfull untuk membantu kita dalam merancang coding html atau bahasa pemrograman dengan mudah dan terstruktur. VSC yang dikembangkan perusahaan Microsoft ini nyatanya bisa dimanfaatkan dalam berbagai platform lain seperti Linux atau pun Mac OSX.

Beribu third source plugin pun dimiliki teks editor ini dan bisa Anda pasang. Sementara kalau bicara soal performa, Visual – Studio – Code tak perlu diragukan lagi. Pilihan bahasa pemrogramannya sama seperti Atom akan tetapi experience perform VSC lebih unggul dibandingkan experience perform Atom.

Akhir Kata

Itulah beberapa text editor yang menjadi rekomendasi untuk Coding html atau bahasa pemrograman. Developer dari berbagai platform pasti membutuhkan software tersebut, karena cepat dan mudah dalam menyusun sebuah code. Tertarik untuk mencobanya ? Simak artikel-artikel bermanfaat kami lainnya. Terima Kasih.

Gravatar Image
Saya adalah admin sekaligus author di website tegazine.net. Senang rasanya bisa berbagi informasi menarik bersama teman-teman semua. Apabila teman-teman memiliki saran dan kritik terkait website : tegazine.net kalian bisa kirimkan ke email leocadio.tegazine@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *