Google meningkatkan fitur keamanan di Chrome 88

Posted on

Google awal pekan ini merilis Chrome 88, menambahkan kemampuan pada pengelola kata sandi peramban; menyederhanakan permintaan izin dari situs yang meminta, misalnya, untuk mengaktifkan mikrofon; dan untuk perusahaan, mengakhiri dukungan untuk add-on yang disebut Microsoft Internet Explorer (IE) untuk merender situs web intranet lama dan aplikasi lama.

Raksasa pencarian Mountain View, California juga membayar lebih dari $ 81.000 dalam bentuk bounty kepada peneliti keamanan yang melaporkan beberapa dari 36 kerentanan yang dialamatkan di Chrome 88.

Salah satu bug ditandai sebagai “Kritis,” tingkat ancaman paling atas Google (dan mengakibatkan dalam hadiah $ 30.000 untuk penemunya, peneliti Rory McNamara).

Sembilan orang lainnya diberi label sebagai “Tinggi,” peringkat paling serius kedua. Sejumlah hadiah – 10, termasuk tiga dari yang berlabel “Tinggi” – belum diberi jumlah dolar, jadi pembayaran akhir Google pasti akan lebih tinggi dari total yang diakui.

Karena Chrome diperbarui di latar belakang, sebagian besar pengguna dapat menyelesaikan penyegaran dengan meluncurkan kembali browser.

Untuk memperbarui secara manual, pilih “Tentang Google Chrome” dari menu Bantuan di bawah elipsis vertikal di kanan atas; tab yang dihasilkan menunjukkan bahwa browser telah diperbarui atau menampilkan proses pengunduhan sebelum menampilkan tombol “Luncurkan kembali”.

Bagi anda yang belum menggunakan Chrome, anda dapat mengunduh versi 88 untuk Windows, macOS, dan Linux secara langsung. Browser Android dan iOS masing-masing dapat ditemukan di masing market platform yang digunakan.

Untuk saat ini Google memperbarui versi Chrome setiap enam minggu, peningkatan sebelumnya dirilis pada 17 November.

Memerika Sandi di dalam Chrome

Google paling memperhatikan perubahan pada pengelola kata sandi Chrome, mendedikasikan pos di blog keamanan perusahaan untuk perbaikan.

“Saat kami memulai Tahun Baru, kami dengan senang hati mengumumkan pembaruan baru yang akan memberi Anda kendali yang lebih besar atas sandi Anda,” kata Ali Sarraf, manajer produk Chrome, dalam pos itu.

Chrome, seperti peramban besar lainnya, telah lama menggunakan pengelola kata sandi yang sudah terpasang; Google telah menggunakan siklus peningkatan sebelumnya untuk memperkuat manajer itu, membuatnya setara, kurang lebih, dengan pesaing mereka, Edge (Microsoft) dan Firefox (Mozilla).

Di Chrome 88, pengelola kata sandi terintegrasi – dicapai dengan mengklik ikon seperti kunci setelah mengklik akun pengguna di kanan atas – menawarkan pemeriksa kata sandi dalam browser yang dengan cepat mengidentifikasi kata sandi yang lemah dan / atau yang mungkin telah terungkap di masa lalu pelanggaran data. (Layanan ini, dijuluki “Pemeriksaan Keamanan”, diluncurkan pada Mei 2020.

Google mengklaim bahwa sejak saat itu, terlihat pengurangan 37% dalam kredensial yang disusupi yang disimpan di browsernya.)

Google mengunggulkan Chrome 88 dengan permintaan izin baru yang disebut perusahaan sebagai “chip” untuk membedakannya dari perintah munculan biasa. “Perubahan ini akan diluncurkan secara bertahap di seluruh Chrome 88,” kata Google dalam catatannya.

Chip, elemen UI kecil di ujung kiri bilah alamat, tidak terlalu mengganggu dibandingkan pop-up biasa. (Ketika Computerworld mengaktifkan chip, itu muncul sebagai oval biru yang melingkupi kata-kata “Gunakan lokasi Anda?”

Setelah beberapa saat, oval menyusut menjadi lingkaran biru kecil. Mengklik pada chip akan menampilkan pop-up permintaan lokasi yang biasa.)

“Karena permintaan tidak mengganggu area konten, pengguna yang tidak ingin memberikan izin tidak perlu lagi menutup permintaan secara aktif,” kata Google setelah berargumen bahwa banyak pengguna segera menolak permintaan izin tersebut hanya untuk membersihkan layar. .

Pengguna yang salinan Chrome-nya belum menerima pembaruan chip harus mengetik chrome: // flags, mencari # izin-chip, mengubah bidang di sebelah kanan menjadi “Diaktifkan” dan meluncurkan kembali browser untuk melihat fitur tersebut.

Di Sisi Perusahaannya

Google menonaktifkan semua salinannya untuk Dukungan Peramban Lama (LBS) yang terpasang dengan Chrome 88. Sekarang akan diberikan kode dalam Chrome, LBS dirancang agar admin TI dapat menggunakan peramban Google tetapi masih memanggil IE untuk membuat aplikasi atau situs yang membutuhkan peramban tersebut.

Chrome telah berusaha disini yang membuat LBS sekarang menjadi bagian dari browser, itu sangat merugikan mode Edge dan Microsoft IE. Itu sebagian besar karena mode Edge dan IE terkait dengan Daftar Situs Mode Perusahaan Windows 10 dan banyak sekali opsi konfigurasi yang tertinggal.

Informasi selengkapnya tentang menggunakan LBS dengan Chrome dapat ditemukan di sini.

Di bagian lain dalam catatan rilis untuk Chrome 88, Google mengingatkan pengguna bahwa browser versi macOS memerlukan OS X 10.11 (alias “El Capitan”) atau yang lebih baru. Chrome tidak akan berjalan lagi di Mac yang didukung oleh OS X 10.10 2014, lebih dikenal sebagai Yosemite.

Edisi Chrome ini juga yang pertama mendukung ekstensi yang ditulis dalam format Manifest V3 baru, yang dinyatakan Google akan lebih aman daripada kerangka kerja pengaya saat ini dan menawarkan kepada pengguna kontrol yang lebih terperinci atas dampak ekstensi pada privasi.

Pembaruan berikutnya, Chrome 89, akan dirilis dalam enam minggu, pada 2 Maret.

Itulah sedikit informasi yang bisa Tegazine.net berikan, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan semua.

Apabila adan kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah ini. Terima Kasih

Gravatar Image
Saya adalah admin sekaligus author di website tegazine.net. Senang rasanya bisa berbagi informasi menarik bersama teman-teman semua. Apabila teman-teman memiliki saran dan kritik terkait website : tegazine.net kalian bisa kirimkan ke email leocadio.tegazine@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *